Kenali Ciri-ciri Batu Kecubung Tanduk Ini

Posted on

Kenali Ciri-ciri Batu Kecubung Tanduk, WAKIK.COM – Berbeda dengan batu akik kecubung wulung, batu kecubung tanduk berwarna hitam agak kecoklatan. Jika melihatnya, Sobat pasti akan setuju bahwa batu ini memancarkan pesona tersendiri. Warna hitam inilah yang membuat para lelaki merasa lebih jantan ketika memakainya.




Ciri-ciri Batu Kecubung Tanduk Yang Asli

Ciri-Ciri Batu Kecubung Tanduk Alami

Gambar Foto Bagaimana Mengetahui Ciri-ciri Batu Kecubung TandukSobat Wakik tertarik membelinya? Jangan terburu-buru ya. Pastikan dulu bahwa batu akik kecubung tanduk yang diincar memang asli. Apa saja ciri-cirinya? Yuk simak informasi berikut ini :

  1. Serat halus dan garis lurus

Apabila disenter, Sobat akan melihat serat-serat halus berupa garis lurus di dalam batu. corak garis lurus inilah yang menjadi ciri khas batu kecubung tanduk.

  1. Warna hitam kecoklatan

Jika kecubung wulung berwarna ungu gelap, maka kecubung tanduk ini berwarna hitam kecoklatan.

  1. Terasa dingin

Apa pun jenisnya, setiap batu yang lahir dari alam (natural gemstone) pasti terasa dingin saat Sobat menempelkannya di kulit. Kalau tidak, besar kemungkinan batu tersebut buatan pabrik.

  1. Berbobot

Di mana-mana yang namanya batu natural pasti terasa lebih berat dibanding batu hasil pabrikan. Sobat bisa membawa batu kecubung tanduk yang asli dan membandingkannya dengan batu yang akan Sobat beli.

  1. Tahan api

Sama halnya dengan dengan batu permata lainnya, batu kecubung tanduk juga tahan api. Namun, jangan terlalu panas karena batuan jenis amethys ini lebih rentan panas dibanding batu akik lain.

 

Cara Merawat Kecubung Tanduk

Gambar Foto Ciri-ciri Batu Kecubung Tanduk OriginalBerikut ini cara sederhana merawat dan menjaga kecubung tanduk Sobat agar tetap indah dan awet :

  • Bersihkan secara rutin batu akik kecubung tanduk Sobat dengan air hangat dan sabun. Gosok perlahan dan lap dengan kain halus.
  • Bila berbentuk perhiasan, sobat bisa membawanya ke toko perhiasan untuk dibersihkan dengan alat khusus. Bisa juga Sobat bersihkan sendiri di rumah dengan sikat halus dan air sabun.
  • Hindari berpanas-panas di bawah terik matahari langsung karena akan membuat batu kecubung tanduk Sobat retak. Amethys merupakan golongan batu yang rentan terhadap panas.
  • Simpan batu kecubung tanduk Sobat secara terpisah dari perhiasan atau koleksi batu akik lainnya untuk mencegah gesekan atau goresan.
  • Selain sinar matahari yang berlebihan dapat merusak keindahan batu kecubung tanduk, bahan kimia juga merupakan musuh utama. Jauhkan dari lotion, hairspray serta parfum saat menggunakan batu ini. Sobat tentunya tidak ingin jika warnanya berubah menjadi kusam, bukan?

Mitos Seputar Khasiat Batu Akik Kecubung Tanduk

Masyarakat luas sudah terlanjur percaya bahwa batu kecubung tanduk ini menyimpan berbagai khasiat. Terlebih lagi untuk kecubung tanduk yang diasah menggunakan bambu hitam yang konon dapat memaksimalkan kekuatan di dalam batu. Sebenarnya apa saja khasiat yang selama ini santer dibicarakan?

  • Mendongkrak rasa percaya diri.
  • Disegani lawan maupun kawan.
  • Melindungi dari sihir/musuh.
  • Menyelaraskan jiwa dan pikiran.

Baca juga: Cara Memoles Kecubung Tanduk

Percaya atau tidak kembali pada diri Sobat masing-masing. Namun dari segi artistik, batu kecubung tanduk ini memang layak dijadikan salah satu koleksi. Demikian sedikit informasi mengenai ciri-ciri batu kecubung tanduk yang asli, cara merawat serta khasiat batu. Semoga bermanfaat.




Galeri Batu Kecubung Tanduk, Klik Untuk Memperjelas

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *