Batu Labrador (Labradorite) Kian Diminati

Posted on

Batu Labrador Labradorite, WAKIK.com – Di tengah kepopuleran batu-batu akik dan mulia yang masih belum surut. Kini hadir batu permata labrador. Batu ini terkenal memiliki efek labradorescenses yaitu pantulan cahaya bolak balik dan menampilkan warna yang tidak sama pada tiap batu. Menawan bukan? Batu permata labrador atau yang juga dikenal dengan labradorite ini masuk dalam golongan mineral feldspar. Feldspar terbentuk dari magma gunung berapi yang menjadi kristal dan ini juga menjadi bahan utama pembuat kaca yang sangat berkualitas.




Sejarah Penemuan Batu Labrador (Labradorite)

Gambar Foto Polesan Batu Labrador Labradorite AsliBatu ini ditemukan pertama kali pada tahun 1770 di Semenanjung Kanada. Nama tempat di mana batu ini ditemukan disematkan pada batu. Negara lain yang juga mempunyai batu labradorite ini adalah Finlandia, Madagaskar, Mexico, Norwegia, India, dan USA. Selain itu, batuan serupa juga dijumpai di Papua, Indonesia dan Negara tetangga kita yaitu Australia.

Awalnya, batu ini dianggap dan dijadikan sebagai jimat dan obat untuk menangani penyakit yang tidak bisa disembuhkan medis. Praktik pengobatan alternatif juga banyak menggunakan batu ini sebagai media pengobatan. Batu ini dipercaya dapat menghilangkan stres dan melancarkan peredaran darah. Begitu masuk pasaran dalam negeri, sudah jelas batu ini menyita perhatian karena keindahan dan mitos yang terkandung di dalamnya.

Saat terkena cahaya akan muncul bias hologram dan pelangi yang sangat indah dipandang. Batu yang warna dominannya biru ini dipasarkan dari harga Rp 350.000 hingga ratusan juta rupiah.

Ciri Keaslian Batu Labrador (Labradorite) dan Cara Merawat

Gambar Foto Liontin Batu Labrador LabradoriteAda beberapa ciri yang harus Sobat pastikan sebelum membeli batu ini karena rawan sintetis. Sayang kan, mahal mahal beli ternyata cuma sintetis. Berikut ini informasinya untuk Sobat Wakik semua :

  • Dominan warna biru.
  • Saat terkena cahaya, keluar warna warni yang cantik seperti pelangi dan hologram.
  • Kekerasan batu berada di kisaran 6 – 6.5 skala Mohs.
  • Terdapat crack atau retakan khas batu di permukaannya.
  • Terdapat cat seperti mutiara yang menyelimuti batu.
  • Lebih berbobot dari batu sintetis atau palsu

Setelah memiliki satu buah batu labradorite, tentunya sobat harus pandai menjaga dan merawatnya. Berikut ini cara merawat batu cantik ini :

  1. Jangan terlalu lama terpapar sinar matahari karena batu bisa retak.
  2. Oles dengan baby oil atau minyak zaitun secata berkala.
  3. Lap dengan kain halus khusus.
  4. Jangan cuci memakai air sabun. Terlebih lagi jika memakai emban dari bahan yang mudah teroksidasi.
  5. Simpan di tempat khusus.

Ketahui Juga: Batu Topas

Hangatnya sambutan masyarakat Indonesia terhadap hadirnya batu akik juga membuat batu labradorite ini laris manis. Agaknya kecantikan batu ini memang telah membius para kolektor tanah air untuk juga memilikinya terlepas dari mitos yang terdapat pada batu. Tuntas sudah pembahasan kita mengenai batu labrador yang kebanyakan import ini. semoga bermanfaat.

Galeri Foto Batu Labradorite, Klik Gambarnya

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *