Mengenal Batu Kecubung Brazil

Posted on

Mengenal Batu Kecubung Brazil, WAKIK.com – Salah satu Negara yang terkenal sebagai penghasil batu kecubung adalah Brazil. Negara di Amerika Selatan ini telah lama mengenal batu permata termasuk kecubung.




Awal mulanya ketika kedatangan Bangsa Portugis sekitar abad 16. Namun, pertambangan ini menyumbang andil perekonomian Brazil selama 50 tahun.

Brazil juga baru ditasbihkan menjadi salah satu Negara produsen batu kecubung yang cukup berkualitas dalam beberapa dekade terakhir ini.

Sebagian besar batu ametyst yang beredar di dunia adalah pasokan dari Negara ini. Bukan hanya ametyst saja yang banyak dihasilkan di Brazil tetapi juga citrine dan topaz.

Sebenarnya, sebutan kecubung Brazil juga digunakan dalam perdagangan untuk menyebutkan batu kecubung yang didatangkan dari Negara-negara lain di kawasan Amerika Selatan seperti Bolivia dan Uruguay. Gambar Foto Akik Batu Kecubung Brazil Asli

Kali ini kita akan membahas mengenai kecubung brazil yang banyak beredar di pasaran tak terkecuali pasaran batu permata Indonesia.

Agar lebih jelas, mari simak ulasan di bawah ini.

Ciri Khusus dan Umum Batu Kecubung Brazil

Ciri Khusus

Setiap batu permata membawa ciri khusus dari Negara asalnya. Begitu pula dengan kecubung atau ametyst. Hal inilah yang menjadi penanda dan pembeda dari batu kecubung dari Negara lain di dunia. Berikut ini cirinya untuk Sobat Wakik :

  • Kristalnya berukuran besar (Brazil).
  • Warna batu pucat hingga sedang (Brazil).
  • Warna hanya tampak di permukaan batu (Brazil).
  • Diperkirakan terbentuk dari udara yang terperangkap dalam lava (Brazil dan Uruguay).
  • Warna kristal sedang hingga gelap (Uruguay).
  • Sangat mungkin ditemukan multiwarna dalam satu batu (Uruguay).

Ciri umum

Gambar Foto Rough Bongkahan Batu Kecubung Brazil KristalOleh karena batu ini juga termasuk kategori ametyst, tentunya batu ini juga secara umum memiliki ciri sebagai batu ametyst yaitu :

  • Tingkat kekerasan hingga 7 skala Mohs.
  • Beberapa memiliki gradasi warna, beberapa tidak walau sangat jarang ditemukan.
  • Memiliki serat yang bisa dilihat dengan mata telanjang.
  • Dingin, sebagai ciri khas batu natural.
  • Tahan gores dan tahan api.
  • Memiliki inklusi entah tiger stripe, negatif crystal, finger print, dan crystal.

Itulah ciri-ciri khusus dan umum mengenai kecubung brazil. Jika tertarik, Sobat dapat mendapatkannya di pasar-pasar batu akik dan permata yang tersebar luas di dalam negeri dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 100.000 hingga jutaan rupiah tergantung karat dan pertimbangan lainnya.




Pilih Batu Kecubung Brazil yang Import atau Batu Kecubung Yang lokal?

Sobat pasti sudah tahu bahwa di Indonesia memiliki kantong-kantong tambang batu kecubung. Lokal belum tentu murahan lho. Batu kecubung kalimantan misalnya yang kualitasnya sudah diakui dunia internasional.

Harganya memang sedikit lebih mahal dibanding kecubung brazil tapi mutunya sudah tidak diragukan lagi.

Baca juga: Selain Batu Kecubung Brazil ada juga Kecubung Merah Merona Dahsyat

Hingga saat ini, permintaan kecubung kalimantan masih lebih tinggi dibanding kecubung brazil.

Para kolektor dan pecinta batu pasti akan jatuh cinta pada produk lokal ini karena memang lebih menarik dari segi warna. Demikian ulasan mengenai batu kecubung brazil. Semoga bermanfaat.

Galeri Batu Kecubung Brazil, Klik Gambarnya Biar Jelas

 

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *