(Masih) Demam Akik Batu Panca Warna Garut

Posted on

Batu Panca Warna Garut, WAKIK.com – Tanah Jawa memang dikenal dengan kekayaan batu panca warnanya terutama di daerah Garut Jawa Barat, Purbalingga (Sungai Klawing) Jawa Tengah dan Pacitan Jawa Timur. Pada pembahasan kali ini kita akan menuju Kabupaten Garut di mana batu panca warnanya terkenal hingga manca negara. Batu yang dibalut body glass ini juga disebut-sebut menjadi yang paling mahal di jajaran panca warna.




Gambar Foto Batu Panca Warna Garut Motif BarongsaiDi Garut sendiri ada dua jenis panca warna yang beredar yaitu panca warna biasa dan panca warna edong. Dari kedua panca warna tersebut, panca warna edonglah yang paling banyak diminati dan berharga sangat mahal. Namun Sobat Wakik tidak perlu khawatir karena panca warna biasa juga menawan kok.

Ciri khas yang dimiliki panca warna ini adalah kombinasi warna hijau, biru, abu-abu serta cokelat. Selain itu, batu ini juga dijamin kristal atau tembus pandang dengan pemolesan tingkat tinggi. Dijamin tidak akan membuat Sobat kecewa.

Harga Batu Panca Warna Garut

Harga batu panca warna cukup variatif. Mulai dari ratusan ribu rupiah hingga miliaran. Lagi-lagi harga ditentukan oleh banyak faktor di antaranya kualitas serta ukurannya. Seperti yang kita tahu, batu panca warna memiliki 3 hingga 8 warna yang bercampur secara indah dan unik. Jadi, sangat mustahil jika terdapat dua panca warna yang memiliki motif sama persis. Beberapa warna yang menjadi favorit adalah kuning, hijau, merah, jingga dan biru.

Gambar Foto Batu Panca Warna Garut Belang HijauSelain kualitas, ukuran dan warnanya, keunikan motif batu juga sangat menunjang tinggi rendahnya harga. Semakin unik dan aneh motif yang tampak dari permukaan batu, semakin melambung tinggi harganya. Seperti sebuah batu panca warna yang ditemukan dengan lukisan atau gambar tokoh pernah dihargai hingga 5 M.

Hal ini tentu wajar karena secara kekinian, batu yang memiliki motif tertentu bisa disandingkan dengan karya seni. Karya yang bernilai seni tinggi tidak pernah dipandang sebelah mata.

Batu Panca Warna Garut Jadi Cenderamata KAA 2015

Pemerintah Kota Bandung cukup jeli dengan memilih batu pancawarna asal Garut sebagai cenderamata bagi para delegasi peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika. Sebanyak 109 liontin batu panca warna khas Garut dibagikan kepada seluruh delegasi dengan jumlah yang sama.

Gambar Foto Liontin Cantik Batu Panca Warna GarutSemua pesanan itu dikerjakan oleh para pengrajin Lasminingrat Gemstone dengan total 10 pekerja. Mereka berhasil mengerjakan pesanan tersebut dalam tempo satu minggu. Tidak kurang dari 60 kg bongkahan batu panca warna kualitas terbaik disulap menjadi perhiasan yang sangat cantik. Harga perkilonya mencapai Rp 5.000.000 dengan total biaya Rp 300 juta.

Cek Juga: Batu Brazil Kecubung

Hebatnya, Pemerintah Kota Bandung tidak perlu membayar sepeserpun untuk pesanan ini. Semua pengrajin dan pemoles batu bekerja secara sukarela. Asyik, bukan? Tentunya ini semakin menguatkan posisi Indonesia sebagai surganya pecinta batu. Sekian dulu pembahasan menarik kita mengenai batu panca warna Garut. Semoga membuka cakrawala baru.

Galeri Images Batu Pancawarna Garut, Klik Gambar

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *