Batu Pancawarna Garut Klawing Purbalingga

Posted on

Batu Pancawarna Garut Klawing, WAKIK.com – Sobat tentu bingung dengan istilah panca warna garut klawing. Bagaimana bisa Garut ada di Purbalingga? Istilah garut klawing sebenarnya tidak ada. Panca warna garut ya garut, klawing ya klawing. Sebutan garut klawing ini mungkin sengaja dimunculkan para pedagang untuk menjual batu panca warna klawing dengan harga yang lebih mahal.




Gambar Foto Batu Pancawarna Garut Klawing Lima WarnaSeperti yang sudah sering diberitakan bahwa panca warna asal Garut dihargai lebih mahal dibanding panca warna dari daerah lain dengan kualitas yang sama. Hingga saat ini, Sobat akan sangat sulit menemukan panca warna garut yang berharga Rp 100.000. Hampir semuanya dihargai di atas Rp 200.000. Sementara untuk batu panca warna klawing, Sobat masih bisa kok memperolehnya di bawah Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000. Inilah yang menyebabkan banyak pedagang memakai istilah ini.

Ciri Batu Pancawarna Garut Klawing Asli

Panca warna klawing diperoleh di sepanjang aliran Sungai Klawing Purbalingga Jawa Tengah. Di saat pasar batu akik mulai bergeliat, industri batu akik purbalingga juga terkena imbasnya. Orang mulai melirik batu panca warna ini sebagai perhiasan. Tua dan muda juga ikut memakainya. Terlebih lagi ketika Bupati Purbalingga mewajibkan tiap Pegawai Negeri Sipil di Purbalingga memakai batu akik panca warna klawing saat bertugas. Kepopuleran batu ini seakan semakin terdongkrak. Kebijakan ini seolah mampu menghidupkan dan menjalankan roda perekonomian para pengrajin dan pemoles batu akik setempat.

Gambar Foto Keunikan Batu Pancawarna Garut KlawingAgar Sobat tidak terkecoh dengan istilah-istilah semacam ini, sebaiknya Sobat mengetahui apa saja ciri batu panca warna klawing yang kini kian diminati ini. Di antaranya :

  • Komposisi warnanya dominan warna hijau.
  • Terdapat perpaduan 4 hingga 6 warna dalam satu batu (putih, biru, hijau, cokelat, dan merah).
  • Tembus pandang/kristal.
  • Tingkat kekerasan dari 7 hingga 7.5 skala Mohs.
  • Harga mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 1.000.000 untuk kualitas biasa.

Sebagai bahan pembeda batu, berikut ini ciri khas panca warna garut :

  • Komposisi warnanya hijau, biru, dan cokelat.
  • Terdapat perpaduan 3 hingga 8 warna.
  • Tembus pandang/kristal.
  • Tingkat kekerasan 7 hingga 7.5 skala Mohs.
  • Harga mulai Rp 200.000 untuk baru panca warna garut biasa, dan minimal Rp 1.000.000 untuk panca warna edong.

Dari perbedaan di atas, seharusnya sudah dapat diketahui dengan jelas perbedaan batu panca warna klawing dan garut. Demikian bedanya, semoga tidak ada lagi yang tertipu ya Sobat Wakik.

Bongkahan Pancawarna Klawing Dihargai 1M

Baru-baru ini dunia perbatuan kembali dikejutkan dengan penemuan sebongkah batu panca warna telur kodok seberat 200 kilogram. Saat ini batu ini menjadi milik seorang kolektor asal Tamanagung. Ia akan melepas batu asal sungai Klawing itu jika ada yang menukarnya dengan uang Rp 1M. Harga yang tidak main-main!

Ketahui Juga: Batu Garut Edong

Ia berdalih bahwa batu ini berkualitas super karena kadar kapurnya yang sangat sedikit. Batu panca warna klawing bongkahan ini memang tampak seperti telur kodok karena terdapat titik-titik seperti telur kodok. Sobat berminat? Demikian ulasan kita mengenai batu pancawarna garut klawing. Semoga bermanfaat.

Galeri Batu Klawing, Klik Imagenya untuk memperbesar

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *