Ketahui Batu Bacan Palamea Super

Karakteristik Batu Bacan Palamea Super, Wakik.ComBatu Bacan Palamea Super selalu menjadi pembicaraan hangat para kolektor batu akik.

Batu yang berasal dari Desa Palamea, Kabupaten Halmahera Selatan ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis batu Bacan lainnya.

Selain itu, penggunaannya diyakini mampu memberi dampak positif bagi para penggunanya, seperti meningkatnya wibawa atau kharisma.

Lalu, apa yang membedakan jenis batu ini dengan jenis batu Bacan lainnya?

Karakteristik Bacan Palamea Super

Bacan Palamea Super merupakan jenis batu hidup. Artinya, batu ini telah mengalami pengkristalan. Warnanya lebih pekat.

Ada beberapa bagian hitam pada bagian intinya jika dibandingkan dengan Bacan Palamea muda dengan kepadatan yang lebih tinggi.

Rongga-rongga yang diakibatkan oleh kandungan kapur yang tinggi tertutup oleh proses pengkristalan.




Kualitas Bacan Palamea Super sendiri sangat ditentukan dengan proses selama pengkristalan. Dalam hal ini, penyimpanan dan perawatan selama proses pengkristalan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Penyimpanan harus dilakukan pada udara terbuka untuk membantu menyerap senyawa-senyawa yang dibutuhkan.

Selain itu, perawatan yang rutin, seperti pengelapan menggunakan kain halus dan minyak zaitun serta perendaman dan penjemuran di bawah cahaya matahari turut membantu meningkatkan kualitas batu Bacan ini.

Meskipun lokasi penemuannya cukup berdekatan, namun ada cukup banyak perbedaan antara jenis batu ini dengan batu Bacan Doko.

Jika batu Bacan Doko memiliki beragam warna, seperti hijau tua, biru, bungur, dan kuning, Bacan Palamea Super hanya mempunyai satu jenis warna yakni hijau kebiruan.

Selain itu, dalam hal pengkristalan, Bacan Palamea Super membutuhkan waktu yang lebih lama dalam prosesnya dibandingkan dengan Bacan Doko.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan kapur pada Bacan Palamea Super yang lebih tinggi. Dari tingkat kekerasannya, Bacan Palamea Super masih kalah dengan Bacan Doko, yakni 7 skala mohs berbanding 7,5 skala mohs.

Namun, sebelum pengkristalan, keduanya memiliki tingkat kekerasan yang sama, yakni 3-4 skala mohs.

Meskipun demikian, minat para pecinta batu akik terhadap batu jenis ini masih terbilang tinggi. Kekhasan dan keindahan yang dimilikinya tidak kalah dengan jenis batu Bacan lainnya.

Selain itu, harga yang dibanderol untuk batu ini lebih rendah bila dibandingkan dengan beberapa jenis batu Bacan lainnya.

Cara Membedakan Bacan Palamea Super Asli dengan Palsu

Secara keseluruhan, Bacan Palamea Super memiliki struktur penyusun batu yang kompleks. Batu ini tersusun atas bahan mineral Chalcedony dan Chrysocolla yang memberikan warna hijau kebiruan yang alami.

Hal inilah yang menjadi patokan dalam memilih Bacan Palamea asli dengan yang palsu.

Ya, untuk Bacan Palamea imitasi, tingkat kekerasan dan kepadatannya sangat jauh dibawah yang asli. batu akan mudah retak jika mengalami benturan.

Bahkan, untuk batu bacan yang asli mampu menggoreskan permukaan kaca ketika digesekkan karena kepadatannya yang tinggi.

Selain itu, penilaian keaslian dapat dilakukan dengan sorotan lampu senter. Bacan Palamea Super akan menampilkan bentuk serat dan warna yang menjadi ciri khasnya.

Hal ini tentu saja tidak akan dimiliki oleh batu lainnya, apalagi imitasinya. Batu imitasi akan terlihat lebih bening dan mulus tanpa ketiadaan serat dalamnya.

Contoh Batu Palamea Super

Kesimpulan

Dengan karakteristik yang sangat khas, baik dari kepadatan yang dimiliki maupun warna yang sangat indah membuatnya sangat diminati dipasaran.

Dengan tingginya animo pecinta batu akik, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menjual batu palsu yang dapat menipu pembeli yang tidak cermat.

Maka dari itu, teliti lebih lanjut batu Bacan Palamea Super yang akan dimiliki yang merupakan salah satu bentuk kekhasan alam Indonesia.

Kamu Suka?
Tekan "Like" nya

Ikuti di Twetter !