Mari Berburu Batu Akik Pancawarna

Posted on

Batu Akik Pancawarna, WAKIK.com – Nama batu akik pancawarna pasti sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta batu permata. Motifnya yang unik memang sangat artistik.




Tidak heran jika banyak kolektor batu akik juga melirik batu ini. Batu pancawarna merupakan salah satu varian batu akik yang memiliki beberapa warna dalam satu batu misalnya merah, hijau, biru, coklat, putih dan warna lainnya.Gambar Batu Akik Pancawarna Asli

Pada zaman dahulu, batu ini banyak dimiliki oleh para pembesar kerajaan karena konon batu ini dapat meningkatkan wibawa dan karisma sehingga disegani lawan maupun kawan.

Maka tidak salah jika batu ini menjadi batu akik yang populer. Hingga saat ini pun sebagian orang masih mempercayai mitos tersebut.

Mereka percaya tentang tuah yang terdapat dalam batu ini. Namun di luar mitos tersebut, secara fisik batu ini memang sangat unik dan layak dimiliki.

Batu Akik Pancawarna Garut

Salah satu batu pancawarna yang banyak diminati berasal dari Garut, Jawa Barat. Di kabupaten terdapat inilah banyak bongkahan batu pancawarna. Ada tiga jenis pancawarna garut yang banyak diminati kolektor karena kualitasnya, bahkan harganya juga sangat mahal, yaitu:

  • Pancawarna Cianggel

Ciri khas batu pancawarna cianggel adalah memiliki warna merah, hitam, hijau, biru, dan putih. Selain itu terdapat juga motif emas yang membuat batu seolah-olah terbelah.

Batu ini memiliki sifat tembus cahaya apabila disenter. Akan tetapi, batu akik pancawarna cianggel ini memiliki kelemahan yaitu mudah retak ketika dibentuk.

Hal ini dikarenakan serat emas pada batu akik akan tertarik ketika dilakukan pemotongan, pembentukan atau pemolesan sehingga batu akik mudah retak.

  • Pancawarna Kalhi

Pancawarna jenis kalhi lebih keras tekstur batunya. Batu ini juga tidak akan retak saat dilakukan pemotongan, pembentukan dan pemolesan seperti jenis pancawarna cianggel.

Anda juga tidak akan menemukan serat tembaga emas seperti cianggel. Akan tetapi, batu jenis ini memiliki zat kapur yang akan muncul saat diproses.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya akan dilakukan perendaman dengan air selama 2 minggu agar zat kapur dapat mengendap sehingga pemolesan dapat dilakukan.




Harga batu ini relatif lebih murah dibanding dengan cianggel. Meskipun demikian, batu ini tetap dapat tembus cahaya saat disenter sebagaimana batu pancawarna cianggel.

  • Pancawarna Edong

Jenis ketiga ini memiliki tingkat kekerasan yang setara dengan batu akik ohen.

Ciri menarik batu edong ini ialah pada motifnya yang unik. Anda dapat menemukan motif atau gambar serupa hewan, huruf maupun angka di dalam batu edong. Semakin unik gambarnya, semakin melambung pula harganya.

Harga Batu Akik Pancawarna Termahal

Ketiga batu pancawarna ini diklaim sulit atau tidak bisa dipalsukan karena memiliki kekhasan tersendiri. Harga percincinnya dibanderol dari Rp 800.000 hingga Rp. 20.000.000.

Harga ini tentu jauh lebih terjangkau dari harga batu ohen garut yang terkenal itu. Tertarik? Demikian pembahasan mengenai batu akik pancawarna. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Batu Akik Sungai Dareh
Batu Akik Bacon Doko Hitam

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *