Tips Trik Cara Tes Batu Giok

Posted on

Cara Tes Batu Giok, Wakik.Com – Batu Giok memang banyak peminatnya, dan hal ini menyebabkan banyaknya batu Giok palsu di pasaran.




Untuk menghindari yang palsu saat membeli, memang ada beberapa cara tes batu Giok yang bisa dipelajari dan dipraktekkan.

Batu Giok asli memang memiliki karakteristik sendiri. Mari cari tahu cara mengetes batu Giok yang asli dan mengenal kategorinya.

Cara Tes Batu Giok Asli atau Palsu

Bagi orang awam, tentu saja akan terasa sulit untuk mengenali batu giok asli. Nah, maka dari itu kalau masih belum tahu cara membedakannya, berikut akan dijelaskan cara-cara untuk menentukan giok asli atau imitasi.Gambar Foto Cara Tes Batu Giok yang Keras

Gambar Foto Cara Tes Batu Giok yang Masih Bongkahan

Gambar Foto Cara Tes Batu Giok ketika Mau Beli

  1. Ketukkan Dua Batu Giok secara Bersamaan

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengetukkan dua batu giok secara bersamaan.

Cara ini merupakan cara tradisional untuk mengukur kepadatan batu giok dengan mengamati apakah ada suara plastik ketika kedua batu giok beradu satu sama lain.

Nah, kalau terdengar seperti ada suara plastik maka bisa dipastikan salah satu batu giok tersebut adalah batu imitasi.

Namun, kalau terdengar suara resonan yang dalam, kemungkinan batu tersebut asli.

  1. Lempar Batu Giok ke Udara dan Tangkap dengan Telapak Tangan

Langkah selanjutnya adalah dengan melemparkan batu giok ke udara kemudian menangkapnya dengan menggunakan telapak tangan.

Batu giok yang asli memiliki kepadatan sangat tinggi, sehingga akan terasa lebih berat daripada kelihatannya. Kalau saat ditangkap menggunakan telapak tangan terasa berat, maka batu tersebut adalah asli.




Cara ini biasa dilakukan oleh para pedagang dan pembeli permata pada jaman dahulu.

  1. Genggam Sebuah Batu Giok dengan Ibu Jari dan Jari Telunjuk

Batu giok yang asli memiliki tekstur yang halus dan akan terasa dingin ketika dipegang. Cara mengetahui apakah sebuah batu giok asli atau tidak adalah dengan memegang batu giok tersebut menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.

Batu giok asli juga akan cepat menyerap suhu panas, jadi kalau suhu batuk giok yang dipegang berubah suhu dengan cepat, maka bisa dipastikan batu tersebut asli.

  1. Goreskan Batu Giok pada Suatu Permukaan

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menggoreskan batu giok ke permukaan logam atau kaca. Jenis batu giok Jadeite mampu menggores kaca atau logam.

Namun, jenis seperti Nefrite memiliki tekstur yang lebih halus sehingga cara ini tidak dianjurkan. Kalau goresan menghasilkan garis putih yang merupakan residu dari logam atau kaca, usap dengan lembut batu giok tersebut.

Kalau tidak ada goresan pada batu tersebut, maka batu giok tersebut asli.Gambar Foto Cara Tes Batu Giok dengan Mudah

Gambar Foto Cara Tes Batu Giok dengan Tangan

Gambar Foto Cara Tes Batu Giok di Toko Penjual

Cara Tes Batu Giok – Mengenali Kategori Batu Giok

Tak disangka bahwa batu giok asli ternyata masih dapat dimanipulasi dengan pewarnaan, penggunaan polimer, atau pemutihan. Ada tiga tipe kategori untuk tipe-tipe giok ini.

  1. Tipe A

Batu giok bersifat alami, artinya tidak diberi perlakuan apapun dan diproses secara tradisional, serta tidak ada pemrosesan tambahan, seperti pemrosesan pada suhu tinggi.

  1. Tipe B

Batu giok diproses secara kimiawi. Proses tersebut dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan meningkatkan sifat tembus pandang.

  1. Tipe C

Batu giok tipe ini juga diproses secara kimiawi yang bertujuan untuk mempertajam warna. Warna tersebut dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai reaksi cahaya yang kuat, limbah rumah tangga, serta panas tubuh.Gambar Foto Cara Tes Batu Giok Palsu apa Asli

Gambar Foto Cara Tes Batu Giok yang Benar

Gambar Foto Cara Tes Batu Giok yang Berkualitas

Baca juga: Ciri-ciri Batu Giok Asli

Cara Tes Batu Giok – Kesimpulan

Ternyata, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetes batu giok asli dan imitasi. Meskipun cara-cara di atas tidak sepenuhnya akurat, namun cara-cara tersebut sudah dipercaya mampu membedakan batu giok asli dan imitasi.

Pastikan untuk mencoba mempraktekkan cara tes batu Giok di atas sebelum menggunakannya saat membeli.

Kamu Suka?
Tekan "Like" nya

Ikuti di Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *