Jenis-Jenis Batu Kalimaya dan Ciri-Cirinya

Jenis-Jenis Batu Kalimaya dan Ciri-Cirinya, Wakik.Com – Dengan kualitas yang sangat baik serta harga jual yang tinggi, para kolektor batu akik perlu mengetahui jenis-jenis batu Kalimaya dan ciri-cirinya.

Hal ini penting untuk menghindari Batu Kalimaya imitasi yang banyak beredar di pasaran. Memang, batu jenis ini sangat diperhitungkan di Indonesia, bahkan dunia.

Bahkan, batu ini dapat disejajarkan dengan batu mulia lainnya. Ingin tahu lebih lanjut tentang batu cantik ini?

Jenis-Jenis Batu Kalimaya dan Ciri-cirinya

Secara garis besar, batu Kalimaya, atau sebutan lainnya Batu Opal, dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni yang berasal dari Indonesia dan Australis.

Dari segi kualitas, batu Kalimaya Australis lebih baik dibandingkan yang berasal dari Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan melalui tingkat kepadatan dan karat yang dimilikinya.

Namun dari segi tampilan, batu Kalimaya yang berasal dari Indonesia sama baiknya dengan jenis Australis.

Untuk batu Kalimaya yang berasal dari Indonesia sendiri hanya dapat ditemukan di daerah Lebak, Rangkasbitung, Kabupaten Banten.




Terdapat pula beragam jenisnya yang dapat dibedakan berdasarkan karakteristik dan daerah tempat ditemukannya. Berikut adalah jenis-jenisnya.

  1. Batu Kalimaya Kristal

Batu Kalimaya Kristal merupakan batu Kalimaya yang paling banyak beredar di pasaran. Batu ini merupakan batu umum dari jenis Kalimaya. Gambar Foto Jenis-Jenis Batu Kalimaya dan Ciri-Cirinya - Kalimaya Kristal

Harganya pun dibanderol lebih murah dibandingkan batu jenis lainnya. Dari sisi penampilanya, batu ini memiliki serat yang lembut dengan warna yang lebih bening. Batu ini juga mampu memberikan cahaya yang indah ketika disorot lampu senter.

  1. Batu Kalimaya Kristal Air Kelapa

Batu ini memiliki nama lain batu Kalimaya Susu. Dinamakan demikian karena warnanya yang lebih keruh dibandingkan dengan batu Kalimaya Kristal seperti air kelapa ataupun susu. Gambar Foto Jenis-Jenis Batu Kalimaya dan Ciri-Cirinya - Kalimaya Kristal Air Kelapa

Batu ini memiliki karakteristik khas dalam menampilkan beragam warna seperti pelangi ketika disorot lampu senter.

  1. Batu Kalimaya Kristal TehGambar Foto Jenis-Jenis Batu Kalimaya dan Ciri-Cirinya - Kalimaya Kristal Teh

Berbeda dengan dua batu yang telah disebutkan di atas, batu jenis ini memiliki warna merah kecokelatan namun tetap transparan layaknya teh. Batu ini juga memberikan pantulan cahaya yang berwarna-warni dan tidak beraturan.

  1. Batu Kalimaya Black Opal

Jenis Batu Kalimaya termaha yang pernah ditemukan. Hal ini disebabkan jumlahnya di pasaran yang terbatas. Gambar Foto Jenis-Jenis Batu Kalimaya dan Ciri-Cirinya - Kalimaya Black Opal

Selain itu, batu ini juga mampu menampilkan warna yang indah, apalagi ketika disorot lampu senter yang akan menampilkan warna yang beragam.

Ciri-Ciri Batu Kalimaya dan Cara Membedakan dengan Batu Kalimaya Palsu

Dengan tingginya kualitas dan harga yang dimilikinya, banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab berusaha mengeruk keuntungan besar dengan mengimitasi batu aslinya.

Berikut ini adalah ciri-ciri batu Kalimaya asli dan cara membedakannya dengan batu imitasi.

  1. Berat Digenggam

Bobot batu Kalimaya cukup berat dibandingkan dengan jenis batu mulia lainnya, apalagi dengan produk imitasinya.

  1. Memiliki Serat

Batu Kalimaya memiliki bentuk serat khas yang khas di dalamnya. Sangat berbeda dengan batu yang palsu yang terlihat lebih halus dan bening.

  1. Mudah Dibersihkan

Batu Kalimaya sangat mudah dibersihkan dari kotoran, seperti cat ataupun minyak. Hanya dengan mengelapnya, batu ini dapat bersih seperti semula.

  1. Mudah Dingin

Tidak seperti jenis batu lainnya, batu Kalimaya dikenal karena kemampuannya yang cepat dingin. Untuk pembuktiannya, bakar batu ini menggunakan korek api selama beberapa saat. Batu akan langsung dingin dalam waktu yang cukup singkat.

Baca juga:

Jenis-Jenis Batu Kalimaya dan Ciri-Cirinya – Kesimpulan

Dengan mengetahui berbagai jenis dan karakteristik batu Kalimaya, peminat dapat menghindari batu palsu saat membelinya.

Selain itu, peminat juga dapat menyesuaikan perawatan yang tepat karena batu ini memiliki tingkat kepadatan yang cukup rendah.

Kenali lebih dalam jenis-jenis Batu Kalimaya dan ciri-cirinya dan lestarikan pula alam Indonesia.


src: nibroza, batu-akik

Kamu Suka?
Tekan "Like" nya

Ikuti di Twetter !