Jenis Batu Sungai Dareh dan Harganya

Jenis Batu Sungai Dareh, Wakik.Com – Dengan semakin banyaknya peminat batu Sungai Dareh, perlu adanya informasi yang lengkap mengenai jenis Batu Sungai Dareh dan harganya.

Batu mulia yang termasuk jenis Idocrase ini juga merupakan salah satu batu yang memiliki harga yang relatif tinggi di pasaran.

Tidak semua daerah di Indonesia mampu menghasilkan batu jenis ini dengan kualitas terbaik. Lalu, daerah manakah penghasil batu Sungai Dareh terbaik dan ciri-cirinya?

Jenis-Jenis Batu Sungai Dareh

Batu Sungai Dareh terbaik didapatkan di daerah Provinsi Sumatera Barat. Terdapat pula beragam jenis Batu Sungai Dareh yang dapat ditemukan di sana.

Perbedaan didasarkan pada kualitas dan keindahan yang dimilikinya. Berikut adalah beragam jenisnya.

  1. Batu Sungai Dareh Kumbang Jati

Batu jenis ini dikenal pula dengan nama batu Sungai Dareh Kumbang Jantan dan Betina.

Gambar Foto Jenis Batu Sungai Dareh Kumbang Jati




Gambar Foto Jenis Batu Sungai Dareh Kumbang Jati atau Kumbang JantanBatu ini merupakan jenis batu terbaik karena memiliki ciri khas tersendiri, yakni adanya motif totol sayur di dalamnya. Dengan warna hijau yang mengkilap, batu ini juga memiliki struktur susunan Kristal yang indah.

  1. Batu Sungai Dareh Pucuk Pisang

Batu ini memiliki nama lain Batu Sungai Dareh Neon. Dinamakan demikian karena warna hijau kekuningan yang cerah seperti warna pada pucuk pisang ataupun warna neon.

Gambar Foto Jenis Batu Sungai Dareh Pucuk Pisang

Gambar Foto Jenis Batu Sungai Dareh NeonBerbeda dengan Batu Sungai Dareh Kumbang Jati, batu jenis ini memiliki inklusi yang terlihat lebih mulus. Selain itu, batu ini juga memiliki warna bening yang jernih tanpa adanya struktur yang mengotori inti dalamnya.

  1. Batu Sungai Dareh Lumut

Batu ini merupakan batu Sungai Dareh yang paling banyak beredar di pasaran.

Gambar Foto Jenis Batu Sungai Dareh Lumut

Gambar Foto Jenis Batu Sungai Dareh Lumut JarongDari segi penampilan, batu Sungai Dareh Lumut mirip dengan jenis Pucuk Pisang. Hanya saja warnanya lebih hijau (warna kuning tidak menonjol) dan terdapat motif dengan warna lebih pekat dalamnya.

Mitos Khasiat Batu Sungai Dareh

Batu Sungai Dareh dikenal dengan adanya khasiat bagi para penggunanya. Banyak orang percaya batu ini memberikan energi positif dari alam. Masing-masing jenis batu Sungai Dareh memiliki khasiat sesuai dengan kharakteristik yang dimilikinya.

Beberapa kepercayaan khasiat yang beredar mengenai batu dari jenis ini diantaranya adalah mampu meningkatkan keselarasan dengan alam seperti menambah stamina, menjaga keseimbangan secara emosional, dan menetralisi racun yang ada dalam tubuh.

Selain itu, warna hijau pada batu ini berdampak pula pada kesehatan saraf, jantung, dan fisik pada umumnya.

Bahkan, beberapa orang percaya bahwa batu ini mampu dijadikan sebagai alat pertahanan diri bagi seseorang dan mampu memberikan kharisma dan kebijaksanaan bagi penggunanya. Entah percaya atau tidak, tetapi hal ini telah menjadi rahasia umum bagi para peminatnya.

Jenis Batu Sungai Dareh – Harga di Pasaran

Kisaran harga yang dibanderol untuk tiap jenis batu Sungai Dareh sangat beragam. Hal ini sangat ditentukan oleh kualitas, baik secara tingkat kekerasan, keindahan, dan khasiat, serta ketersediaan batu di alam.

Untuk jenis yang termahal jatuh pada jenis Batu Sungai Dareh Kumbang Jati. Untuk ukuran kecil dan termurah saja dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan. Sedangkan untuk Batu Sungai Dareh Pucuk Pisang dibanderol lebih murah, yakni dikisaran harga Rp 700 ribuan hingga 1 jutaan.

Baca juga:

Jenis Batu Sungai Dareh – Kesimpulan

Meskipun saat ini animo masyarakat akan batu akik sedikit menurun dibandingkan beberapa saat yang lalu, namun hal ini tidak berlaku dengan Batu Sungai Dareh.

Bahkan peminatnya bisa dikatakan meningkat. Hal ini dapat terjadi karena keunikan yang dimiliki oleh batu jenis ini.

Jadi memang ada beberapa jenis-jenis Batu Sungai Dareh dan harganya juga bervariasi, bergantung pada jenisnya. Jelilah saat membeli sehingga nilainya sebanding dengan uang yang dikeluarkan.


Kamu Suka?
Tekan "Like" nya

Ikuti di Twetter !