Indahnya Batu Cincin Blue Safir Kalimantan

Posted on

Cincin Blue Safir Kalimantan, WAKIK.com – Jalan-jalan ke Pulau Kalimantan tidak lengkap rasanya jika tidak melihat-lihat batu cincin safir kalimantan.




Pulau Borneo ini memang banyak menyimpan kekeyaan di dalam perutnya. Selain intan dan ametis (batu kecubung), Kalimantan juga memiliki batu safir, batu cincin blue safir kalimantan.

Keanekaragaman inilah yang membuat Kalimantan menjadi surganya belanja bagi para pecinta batu permata.

Gambar Cincin Blue Safir KalimantanBatu safir yang ditemukan di Kalimantan memiliki kualitas yang baik dengan tingkat kekerasan mencapai 9.0 skala Mohs.

Safir merupakan batu yang tersusun atas alumunium oksida atau yang juga dikenal dengan korundum. Warnanya tidak selalu biru.

Anda akan menemukan warna lain seperti kuning, hitam, ungu, oranye dan warna-warna lainnya.

Warna-warna selain biru ini dikenal dengan fancy saphire. Sementara untuk warna biru dikenal masyarakat dengan sebutan blue saphire.

Ciri-ciri Batu Cincin Blue Safir Kalimantan Berkualitas

Siapa sih yang tidak terpana dengan warna batu blue safir kalimantan yang elegan? Pastinya semua pecinta batu permata akan dibuat silau olehnya.

Jika ini terjadi, anda pasti akan betah berlama-lama jalan-jalan di Pulau Kalimantan ini karena batu safirnya yang tersohor.

Sebelum anda membeli kristal yang mempesona ini, ada baiknya jika anda mengenali batu safir yang berkualitas tinggi:

  1. Terdapat Serat

Ciri ini mutlak dimiliki oleh batu permata. Jika tidak, anda patut waspada mengenai keasliannya. Sebenarnya ada juga yang tidak memiliki serat.

Akan tetapi sangat jarang ditemukan dan harganya bisa berlipat-lipat lebih mahal. Clarity atau kejernihan sangat menentukan harga jual sebuah batu permata.




  1. Terasa Berat

Batu permata asli pasti terasa lebih berat walaupun ukurannya kecil. Sangat berbeda dengan batuan plastik buatan pabrik atau laboraturium..

  1. Tahan Gores

Batu safir pasti tahan gores sama seperti batu merah delima atau ruby. Baik batu ruby maupun batu cincin blue safir memiliki tingkat kekerasan yang sama yaitu 9.0 skala mohs.

Oleh karena itu, hanya benda yang memiliki tingkat kekerasan yang sama atau yang lebih tinggi yang dapat menggoresnya.

  1. Warna Biru Terang

Warna blue safir akan menentukan harga jualnya.

Safir yang paling mahal adalah safir yang memiliki warna langit. Warna safir yang terlalu terang atau terlalu pekat akan menjatuhkan harga jualnya. Sebaiknya anda berhati-hati.

  1. Cutting

Baik buruknya pemotongan juga sangat menentukan harga safir.

Pemotongan yang baik akan membuat kilauan batu safir keluar dengan indahnya. Kesempurnaan pemotongan ini merupakan salah satu faktor penentu harga safir.

Anda juga harus memastikan batu safir yang anda beli tidak cacat.

Harga Batu Cincin Blue Safir Kalimantan

Gambar Penampakan Kepala Cincin Blue Safir KalimantanUntuk masalah harga, Batu cincin blue safir yang berukuran sebesar mata akik biasanya dijual dikisaran antara 300 ribu rupiah hingga puluhan juta.

Tergantung kualitas, keindahan, keunikan batu tersebut.

Keindahan batu safir yang memang telah diakui tak pelak membuat semua orang ingin memilikinya.

Dengan harga selangit yang anda keluarkan tersebut, pastikan anda memang memperoleh kualitas batu safir yang terbaik.

Sayang kan pengorbanan anda sia-sia dengan memperoleh batu cincin blue safir kalimantan sintetis? Sekian dan terima kasih

Info Menarik lainnya:

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *