Pesona Alam Cincin Safir Biru

Posted on

Cincin Safir Biru, WAKIK.com – Jika anda mendengar kata safir, pasti terbayang warna biru di langit. Inilah perasaan anda manakala memakai cincin safir biru yang indah.




Meskipun safir memiliki varian warna selain biru, namun tak dapat dielakkan lagi bahwa warna biru merupakan warna favorit sebuah batu safir.

Selain batu ruby (merah delima) safir biru inilah yang banyak diburu para gemstone lover. Ruby dan safir memang berasal dari mineral yang sama yaitu korundum. Tingkat kekerasannya juga sama yaitu 9.0 skala mohs.

GAmbar Jenis Cincin Safir BiruBentuk yang paling umum kita jumpai dari batu safir biru adalah batu cincin.

Pasti sangat menyenangkan saat mengenakan sebuah cincin dengan blue safir bertengger di atasnya.

Seolah anda telah menyimpan birunya langit di dalamnya. Karena harga yang tidak murah, tidak banyak orang yang memiliki cincin safir biru yang asli.

Kebanyakan yang beredar di pasaran adalah batu safir sintetik.

Tingginya permintaan akan batu safir membuat para ahli membuat alternatif batu safir yang mendekati asli dengan harga yang terjangkau.

Batu Cincin Safir Biru Sintetik

Batu sintetik merupakan campuran antara batu permata asli dengan buatan. Jadi tidak 100% asli tapi juga tidak 100% palsu. Batu sintetik berbeda dengan batu permata palsu yang 100%-nya adalah palsu.

Batu sintetis dibuat di laboraturium sementara batu palsu dibuat di pabrik. Dari segi harga tentu saja jauh berbeda. Batu safir asli bisa berharga ratusan juta dengan kualitas yang premium (clarity, cutting, size, dan warna).

Sementara untuk sintetik dan batu safir palsu tentu hanya puluhan ribu saja.

Anda juga dengan mudah dapat membelinya di pedagang batu permata kaki lima. Tidak masalah jika anda memang hendak membeli batu sintetis seperti ini.




Akan tetapi, pastikan batu cincin tersebut ditawarkan kepada anda dengan harga yang masuk akal. Mengapa? Karena batu cincin safir biru yang asli tidak akan dijual di sana.

Harga baru safir asli juga pastinya sangat fantastis. Konon, batu safir termahal didunia telah terjual dengan angka Rp 214 miliar. Batu ini berasal dari Srilangka dan diberi nama The blue belle of asia.

Jenis jenis Batu Cincin Safir Biru

Gambar Model Cincin Safir BiruAda beberapa jenis batu safir yang banyak beredar. Di antaranya:

  1. Safir biru badar mas

Jenis batu safir ini berasal dari Burma (Myanmar). Safir ini memiliki warna yang lebih redup.

Namun demikian, anda pasti senang berlama-lama memandangnya. Harganya pun paling murah di mata dunia yaitu sekitar Rp 640.000 saja perbutirnya.

.

  1. Safir biru Vivid

Batu safir jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dari ceylon star yaitu Rp 7 juta hingga Rp 8 juta dengan berat 2.25 karat.

  1. Safir biru ceylon star

Safir jenis ini memiliki bentuk oval yang unik.

Harganya jauh lebih mahal dibanding safir badar mas yaitu Rp 45 juta hingga Rp 55 juta lebih percincinnya. Biasanya untuk rangka cincin terbuat dari logam berkualitas tinggi.

Bacaan Menarik Lainnya: Batu Cincin Blue Safir Kalimantan

Beberapa batu safir yang unik dan langka memang sudah dimiliki perorangan sebagai koleksi pribadi. Namun, kualitas batu-batu safir jenis di atas juga tidak jauh berbeda kok.

Demikian sekelumit informasi mengenai cincin safir biru. Semoga bermanfaat

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *