Menguak Misteri Batu Akik Mani Gajah

Posted on

Batu Akik Mani Gajah, WAKIK.com – Sebagian besar dari kita mungkin masih asing dengan istilah batu akik mani gajah. Mungkin kita berpikir bahwa batu akik ini merupakan mani atau sperma gajah yang telah terkubur selama jutaan tahun dan menjadi fosil. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah mengingat sebagian masyarakat terutama dari daerah Jambi dan Sumatera Selatan percaya bahwa batu ini merupakan mustika dari seekor gajah yang disebut Gajah Tunggal.




Foto Batu Akik Mani Gajah CokelatMenurut cerita, dahulu ada seekor gajah penyendiri dan oleh penduduk ia disebut Gajah Tunggal. Setiap bulan purnama Si Gajah Tunggal akan kawin dengan beberapa ekor gajah betina. Setelah kawin, gajah ini memiliki kebiasaan yang aneh yaitu memeriksa ceceran sperma dan menguburnya. Kebiasaan ini diamati dan oleh suku setempat. Mereka penasaran dan menggali timbunan sperma Si Gajah Tunggal. Mereka terkejut saat mendapati sperma gajah tadi berubah menjadi gumpalan keras menyerupai batu. Lama kelamaan gumpalan tersebut menjadi semakin keras. Sejak saat itu, batu tersebut dikenal dengan batu mani gajah.

Mani Gajah Dipandang Dari Sisi Geologi

Jika ditilik dari sisi geologi atau ilmu bebatuan, batu mani gajah bukanlah sperma yang menjadi fosil melainkan batu jenis akik biasa. Tingkat kekerasan batu ini hanya 6.5 skala mohs dan dapat dikatakan cukup rapuh. Dipandang dari sisi ilmiah, dalam sperma gajah tidak ditemukan unsur karbon sehingga mustahil untuk menjadi kristal. Sehingga batu akik mani gajah ini sama saja dengan jenis akik lain yang beredar di pasaran. Namun karena stigma sudah terlanjur menempel di masarakat, kita akan sering mendengar sebuah batu mani gajah dijual dengan harga fantastis dan gilanya lagi batu tersebut laku!

Ciri-ciri Batu Akik Mani Gajah Asli

Apa pun latar belakang yang membentuk pamor batu ini, secara fisik batu ini memiliki ciri-ciri tertentu. Berikut ini ciri-ciri batu mani gajah yang asli:

  1. Ada dua jenis batu mani gajah yang dikenal selama ini yaitu mani gajah madu dan mani gajah putih.
  2. Tingkat kekerasannya mencapai 6.5 skala mohs. Oleh karena itu, batu ini digolongkan ke dalam kategori batu akik.
  3. Jika dilihat dengan kaca pembesar, terdapat titik-titik seperti titik-titik pada sperma. Inilah yang memberi kesan bahwa batu ini merupakan sperma yang memfosil.
  4. Jika batu diusap-usap lama kelamaan akan terasa lengket karena cairan yang keluar.
  5. Tembus saat disenter.
  6. Jika disulut api tidak meleleh. Hanya akan timbul bercak hitam atau putih pada batu.

Harga Batu Akik Mani Gajah di Pasaran

Foto Rough Batu Akik Mani GajahTidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas hal yang satu ini. di pasaran, anda dapat memperoleh batu mani gajah dari harga Rp 1.000.000 hingga harga yang tidak pernah terbayang. Tentunya semua itu dipengaruhi oleh mitos yang terbentuk bahwa batu tersebut dapat membawa rezeki berlipat, penglaris dagangan, bahkan untuk pengasihan dan pelet. Namun, semua itu kembali pada diri kita masing-masing untuk percaya atau tidak. Namun, akan lebih bijaksana rasanya jika kita membeli batu karena keindahannya bukan karena legendanya.

Demikian informasi menarik mengenai batu akik mani gajah. Semoga bermanfaat. Ditunggu Like, Share dan G+ nya ya 😀

Lihat dan baca juga seputaran batu akik Junjung Derajat. Batu unik yang layak dijadikan koleksi selanjutnya

Galeri Foto batu mani gajah, klik pada gambar untuk memperbesar

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

2 thoughts on “Menguak Misteri Batu Akik Mani Gajah

  1. Your comment *saya pny batu mani gajah,kristal dijilat asin nyedot kelidah,bening berserat halus,berat 2gram.lengket klu disedot .mau sy jual berminat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *