Batu Akik King Safir, Safir Tiruan yang Murah Meriah

Posted on

Batu Akik King Safir, WAKIK.com – Mungkin anda sering mendengar orang menyebut-nyebut batu akik king safir tetapi belum paham batu akik mana yang dimaksud. Sekilas ada embel-embel kata safir. Bayangan kita pasti tertuju pada batu permata safir, permata yang terbentuk dari mineral korundum, batu yang memiliki tingkat kekerasan 9 skala mohs dan hal-hal lainnya tentang batu permata safir. Sepertinya anda harus menyingkirkan semua sangkaan itu karena batu king safir bukan merupakan batu safir asli. Batu ini 100% sintetis bahkan juga malah sudah banyak dipalsukan alias imitasi.




Batu Akik King Safir – Perbedaan Batu Natural, Sintetis dan Palsu

Foto Penampakan Batu Akik King SafirSekarang, kita perlu sama-sama mengerti apa perbedaan batu natural, batu sintetis dan batu palsu agar tidak tertipu oleh oknum pedagang nakal yang memang memanfaatkan ketidaktahuan pembeli. Batu natural adalah batu yang proses terbentuknya dari alam secara alami. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dari puluhan, ratusan, hingga jutaan tahun. Batu alami inilah yang memiliki harga jual sangat tinggi dan pasti menjadi incaran para kolektor karena nilai estetikanya. Contoh dari batu natural (permata asli) adalah batu safir, ruby, giok, batu akik, batu fosil, dan lain-lain.

Kita juga mendengar mengenai batu sintetis yaitu batu yang sengaja dibuat di laboraturium. Zat penyusunnya memang sebagian asli. Akan tetapi kadarnya sangatlah sedikit. Sebagai ilustrasi pembuatan batu sintetis: batu safir asli dipanaskan sampai mencair dan ditambah beberapa bahan kimia dan dibekukan kembali. Tujuan proses ini tidak lain adalah menciptakan batu akik king safir yang memiliki sebagian kecil sifat batu safir natural, dalam hal ini warna. Hasil dari proses ini memang mirip dengan aslinya. Anda hanya dapat membedakan serat-serat yang ada di dalamnya. Itu pun hanya dengan menggunakan kaca pembesar.

Ada batu king safir, tidak ada serat di dalamnya. Hanya saja pada king safir, terdapat gelembung gas yang akan terlihat saat diperhatikan dengan kaca pembesar karena tingkat kepadatan warnanya berbeda dengan batu safir yang asli.

Kemudian yang terakhir adalah golongan batu palsu. Batu palsu merupakan batu buatan pabrik yang sama sekali tidak mengandung unsur batu asli. Harganya tentu sangat terjangkau.

Batu Akik King Safir – Cara Membedakan Batu Asli dan Palsu

Foto Ciri Ciri Batu Akik King SafirAda 4 cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui keaslian batu.

  1. Serat batu tampak

Serat merupakan ciri kusus yang tampak pada batu permata asli misalnya serat seperti sidik jari pada batu safir atau ruby, motif cat eye pada batu alexandrite serta star pada batu safir atau ruby. Untuk mengeceknya, harus menggunakan kaca pembesar.

  1. Kekerasan batu Permata

Setiap batu permata memiliki tingkat kekerasan yang tidak sama. Batu safir asli misalnya memeiliki tingkat kekerasan yang sama dengan batu ruby yaitu 9 skala mohs. Jadi, sebelum membeli ada baiknya anda meminta tes kekerasan batu dengan jarum uji permata atau alat sejenisnya.

  1. Berat Jenisnya

Setiap batu permata memiliki berat jenis yang tidak sama. Untuk mengetes berat jenis batu anda dapat menggunakan timbangan air. Berat jenis batu merupakan berat batu yang dibagi dengan volumenya.

  1. Indeks Bias atau Pemantulan Sinar

Untuk mengukur indeks bias, kita harus menggunakan refraktometer. Sudah banyak toko permata yang memiliki alat ini.

Mudah-mudahan penjelasan singkat di atas dapat membuka wawasan kita mengenai batu natural, batu sintetis, dan batu palsu sehingga kita terhindar dari penipuan. Semoga informasi mengenai batu akik king safir juga bermanfaat.

Baca juga Harga Batu King Safir di Pasaran, Jangan lupa share dan Like disebelah kanan itu ya 🙂




Galeri Batu King Safir, Klik pada gambar untuk memperbesar

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *