Batu Giok Merah dan Sejarah

Posted on

Batu Giok Merah wAKIK.com – Sebagian besar masyarakat kita tentu sudah sering mendengar tentang batu giok, namun seberapa banyak dari mereka yang pernah mendengar giok merah? Karena secara umum giok berwarna hijau maka sebagian dari kita akan heran jika mendengar jenis yang berwarna putih, hitam, orange, kuning bahkan merah. Iya, kan?




Foto Gelang dari Batu Giok MerahSelama ini giok yang tersohor berasal dari cina, namun saat ini kita sebagai bangsa Indonesia dapat berbangga diri karena giok merah (baca : Batu giok dari Aceh) dan giok hitam (baca : Batu giok hitam aceh) adalah batu giok yang sama-sama diperoleh dari Indonesia, daerah aceh khususnya dan saat ini mulai dilirik oleh dunia.

Filosofi Batu Giok Merah

Menurut bangsa cina, giok merah memiliki arti keprajuritan dapat diambil paham juga bermakna tiada rasa takut dan pengambil tindakan. Bangsa cina kuno percaya jika sesorang mengenakan batu giok ini, ia akan diberi kewibawaan. Bahkan hingga kini sebagian mereka masih percaya jika red jade ini sangat bagus bagi mereka yang sedang belajar ilmu beladiri atau mereka yang berprofesi sebagai atlet. Secara inti, segala hal yang memerlukan tingkat keberanian extra, bagi bangsa cina, ada baiknya mengenakan batu merah ini (… kalau bangsa kita merah berarti berani, kan? Putih berarti suci 😀 )

Masih dalam kultur cina, Giok diucapkan dengan “Yu” bahkan salah satu selir ( pendapat lain mengatakan bahwa Kaisar sebelumnya adalah mertuanya) kesayangan kaisar Xuanzong pada dinasti Tang (618-907) bernama Yang Yuhuan (nama lainnya adalah Yang Guifei), Yuhuan berarti Giok Cincin. Ia adalah salah satu dari Four Beauties dalam sejarah cina (Wang Zhaojun – ‎Xi Shi – ‎Yang Guifei – ‎Diaochan)

Unsur Batu Giok Merah

Foto Cincin dari Giok MerahGiok merah adalah bagian dari Jadeite (lembut/soft) ini berarti tingkat kekerasan giok merah masih dibawah giok hitam (giok hitam masuk pada golongan nephrite/keras/hard) dan giok jenis jadeite ini biasanya memiliki harga yang lebih mahal dan juga jarang ditemukan. Unsur pembentuk batu ini biasanya adalah alumunium, natrium, NaAISi206, silikat, piroksen komponennya sangat kompak. Dan biasanya yang masuk dalam kategori jadeite, batunya akan berwarna abu-abu, biru, hijau, putih, lavender-ungu muda, oranye kuning, kemerahan, pink, ungu, coklat dan ada juga yang hitam. Sedangkan yang paling mahal adalah hijau emeral yang tembus.

Harga Batu Giok Merah di Indonesia

Untuk masalah harga, giok merah aceh tergolong agak mahal. Seperti yang pernah ditulis sebelumnya, untuk yang belum diolah/dipoles, batu ini bisa mencapai harga 5jt-50jt per Kg. Sedangkan jika sudah dipoles harganya bisa melambung tinggi hingga empat kali lipatnya. Bagaimana? Masih berminat?

Okay, pembaca setia wakik, sekian dulu obrolan tentang batu giok merah ini ya, semoga menambah wawasan dan informasi. Klik suka dan share ya, demi membantu pengembangan blog ini dan mensukseskan penyebaran informasi positif dalam internet positif Indonesia. Terima kasih

Lihat galeri foto kreasi kerajinan giok merah, klik gambar untuk memperjelas

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *