Batu Kalimaya Banten, Ratunya Batu Mulia

Posted on

Batu Kalimaya Banten, WAKIK.com – Batu kalimaya banten atau yang sering disebut dengan opal banten merupakan salah satu permata khas dari Indonesia. Batu ini terbentuk dari perpaduan senyawa SiO2.nH2O dengan tingkat kekerasan 5.5 hingga 6.5 skala Mohs.




Batu kalimaya merupakan salah satu batu cincin akik termahal di dunia, selain ruby, zamrud, berlian serta permata mahal lainnya. Tahukah anda bahwa batu kalimaya dengan kualitas terbaik berasal dari Banten?

Opal Banten berhasil mengalahkan opal Australia, Amerika, dan Afrika. Nama kalimaya disebut-sebut diambil dari sungai daerah Maja yang ada di Banten di mana batu ini banyak ditemukan.

Dan karena keanugrahan Tuhan serta proses alam yang menakjubkan di bumi Indonesia inilah kenapa black opal banten bisa keluar warna warni. Gambar Macam-Macam Jenis Batu Kalimaya Banten

Ciri-Ciri Batu Kalimaya Banten Asli

Ciri khas batu kalimaya ini adalah kerlap kerlip berbagai macam warna cantik dari dalamnya (ada yang batu akik warna coklat kerlap kerlip, ada yang hijau dll).

Nah, pancaran sinar inilah yang membuatnya begitu istimewa. Shakespeare bahkan menyebut batu ini dengan sebutan Queen of Gem (Ratu Batu Permata).

Sebutan tersebut tidak berlebihan karena kita dapat melihat kemilau batu-batu permata lain seperti ruby, safir, zamrud, kecubung, dan topaz dalam satu batu.

Harganya pun bisa dibilang tidak murah. Namun, pasti akan worth it dengan keindahannya. Oleh sebab itu, batu ini tidak pernah sepi peminat.

Jenis Batu Kalimaya Banten

Meskipun batu ini termasuk batu permata yang lembek karena sekitar 3 hingga 20 persennya adalah air, para pecinta batu tetap antusias memburu batu ini.

Ada beberapa jenis batu kalimaya yang sudah banyak dikenal, di antaranya:

  1. Batu kalimaya kristal

Disebut kalimaya kristal karena warnanya yang jernih bagai kristal. Warna batu yang jernih menyebabkan pancaran warna warni di dalamnya terlihat lebih jelas.

Namun, jika terlalu mencolok, anda patut waspada kalau-kalau batu kalimaya banten jenis kristal tersebut palsu. Kemilau pada batu kali maya kristal yang asli tidak terlalu mencolok. Jadi, cek terlebih dahulu keaslian serta kualitasnya.




  1. Kalimaya kristal air kelapa

Sekilas, kalimaya kristal air kelapa hampir serupa dengan kalimaya kristal. Namun, jika anda perhatikan, kalimaya kristal air kelapa memiliki warna batu yang lebih pucat dibanding kalimaya kristal.

  1. Kalimaya kristal teh

Dari namanya saja, anda pasti sudah dapat membayangkan bahwa batu kalimaya ini memiliki warna sedikit kecoklatan seperti teh. Meskipun demikian, anda masih dapat melihat kilauan kembang yang terpancar di dalamnya.

  1. Kalimaya teh lukut/kalimaya kristal kopi

Ciri khas dari kalimaya teh lukut/kopi ini adalah berwarna lebih coklat dari kalimaya teh tetapi lebih terang dari black opal. Batu ini juga memiliki kembang jarong yang menjadi identitas kalimaya.

  1. Kalimaya susu

Kalimaya susu memiliki warna putih susu dengan kembang pelangi yang tersebar.

  1. Kalimaya black opal

Black opal berwarna hitam dengan kembang pelangi yang cantik.

  1. Kalimaya black opal solid

Meskipun sama-sama berwarna hitam, black opal solid dan black opal memiliki perbedaan. Kalimaya black opal solid berwarna lebih hitam dari black opal.

Cara Mengeluarkan Kembang/Jarong

Kebanyakan, orang akan membeli batu kalimaya black opal ini yang belum keluar warna atau belum terlihat jelas kembangnya.

Batu kalimaya yang telah keluar kembangnya (berupa titik-titik warna) berharga mahal dibanding yang masih muda, itulah kenapa blackopal belum keluar warna lah yang menjadi incaran.

Apalagi batu kalimaya yang sudah jarong. Beuhhh.. mahal pakai banget. Berikut ini beberapa cara untuk mengeluarkan kembang atau jarong atau cara merendam black opal sampai keluar warna:

  1. Air hujan

Beberapa orang percaya bahwa dengan merendam batu kalimaya di dalam wadah berisi air hujan akan membantu mengeluarkan jarong. Treatment ini membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 2 minggu hingga 2 bulan.

  1. Baby oil dan minyak kayu putih

Cara treatment black opal dengan baby oil, Anda juga dapat mencoba mengeluarkan jarong dengan cara merendam batu kalimaya dengan campuran baby oil dan minyak kayu putih (perbandingan 1:3).

  1. Air berpasir silica

Air yang mengandung pasir silica ini dapat diperoleh dari air pertama yang keluar dari sumur yang baru dibor.

  1. Minyak jafaron

Minyak jafaron juga dapat memabantu mengeluarkan jarong pada batu kalimaya dengan cara merendamnya selama 1 jam setiap hari.

  1. Poles intan

Bisa saja jarong batu kalimaya anda kurang bagus karena kurang dalam proses pemolesan. Jika demikian, anda dapat membawanya ke tukang poles batu agar dapat dilakukan treatment poles intan.

Tiap batu kalimaya memiliki karakter yang berbeda. Jika anda mencoba mengeluarkan jarong dengan baby oil dan minyak kayu putih dan sudah tampak berhasil, maka sebaiknya anda hanya menggunakan cara ini.

Semua cara di atas jelas menuntut kesabaran anda. Ya, semua butuh proses kan?

Cara Merawat Batu Kalimaya Banten

Sudah mahal dibeli, tentunya anda harus merawatnya baik-baik agar tetap memesona. Karena batu kalimaya banyak mengandung air, maka batu ini tergolong lembek dan rapuh. Anda perlu perawatan ekstra untuk menjaga batu kalimaya ini. Berikut ini cara perawatannya:

  1. Jangan terlalu lama terpapar panas karena batu ini mudah retak jika kering.
  2. Jauhkan dari benturan benda keras agar tidak pecah.
  3. Sesekali lakukan treatment agar kembang tetap terlihat indah. Anda dapat membawa batu kalimaya anda ke tempat ahli batu permata jika anda ragu untuk melakukan treatment sendiri di rumah.
  4. Anda dapat menggunakan baby oil untuk menjaga kelembaban batu kalimaya dengan takaran tertentu.

Harga Batu Kalimaya Banten

Untuk masalah harga, sepertinya harus merogoh kocek sedikit dalam. Karena untuk satu batu mulia kalimaya banten ini, satu batu akik yang sudah jadi minimalnya bisa mencapai 2-3 jutaan.

Namun harga segitu cukup berbanding dengan keindahan dan keunikan yang terdapat pada “jati-diri” sang batu.

Baca Juga:

Batu Akik Badar Lumut

Batu Akik Kecubung Wulung

Jika anda merawat batu kalimaya ini dengan baik, maka bukan tidak mungkin anda dapat menjadikan ini sebagai peluang investasi.

Kalau pun anda hanya akan mengoleksinya, tentu anda akan disenangkan dengan kembangnya yang senantiasa berkilau bak pelangi. Demikian informasi seputar batu kalimaya banten.

Semoga bermanfaat! Jangan lupa di Like dan Share ya 🙂

Lihat Galeri Foto:

Gambar Batu Kalimaya Banten Hitam Pelangi

Gambar Batu Kalimaya Banten Asli

Gambar Batu Kalimaya Banten Kristal

GAmbar Kualitas Batu Kalimaya Banten

Gambar Batu Kalimaya Banten

GAmbar Membedakan Batu Kalimaya Banten Asli Palsu

Gambar Macam-Macam Jenis Batu Kalimaya Banten

Label Tulisan:

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

2 thoughts on “Batu Kalimaya Banten, Ratunya Batu Mulia

  1. saya punya kalimaya susu bunglon klo di rendam jadi bening..trus saya coba rendam dengan air teh di biarkan 1minggu ternyata dia menyerap ari teh tersebut dan berubah warna jadi coklat kehitaman dan jarong jadi terlihat jelas sekali..ini membuktikan batu kalimaya bunglon merupakan 90% mengandung mineral jadi dia dapat menyerap semua cairan serupa..silahkan di coba bagi yang punya kalimaya bunglon gan..ini saya sedang mencoba mau di rendam di susu strawberry ato nutrisari siapa tau dia bisa menyerap jadi ga bosen bisa ganti warna sesuka hati gan hehehe…selamat mencoba!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *