Jenis-Jenis Batu Akik

Posted on

Jenis-Jenis Batu Akik, WAKIK.com – Akik? Pastinya anda sebagai orang awam maupun pejabat sudah mengenal sangat dekat dengan batu akik bukan? Apalagi di tahun sekarang ini ketenaran batu akik mulai dilirik pasaran nasional. Begitupun telah terbukti semakin banyak penggemar batu akik di Indonesia sendiri sampai artis sekalipun. Jika berbicara mengenai batu akik, tentu tak lepas dari Jenis Batu Akik.




Foto Kenali Jenis-Jenis Batu AkikSeperti diketahui bahwa batu akik mempunyai tipe yang berbeda – beda bahkan masing – masingnya memilik khasiat atau manfaat tertentu. Disamping itu pula kelangkaan jenis batu akik pun bisa dibilang kian mampu menarik perhatian para penggemar batu akik untuk berburu sampai ke tempat jauh sekalipun. Sungguh luar biasa bukan? Fenomena batu akik memang menampakkan eksistensinya sehingga bisa tidak heran ketenaranya bisa membomming di seluruh dunia. Baiklah, langsung saja perkenalan lebih dalam mengenai jenis – jenisnya.

Jenis-Jenis Batu Akik di Indonesia

Manfaat Mengetahui Jenis-Jenis Batu Akik

  1. Batu Hakikat

Batu ini biasanya didapat dari pegunungan tapi ada juga yang mengatakan berasal dari batu lumut. Dikatakan lumut karena sekilas seperti nampak lumut – lumut berada di inti batu tersebut. Menurut sumber, konon khasiat batu hakikat diantaranya bisa untuk keselamatan diri, menuntukkan musuh, menyembuhkan penyakit bahkan menghindarkan gangguan makhluk halus namun semua hanyalah sekedar sugesti dan mitos saja. Semua jelas datangnya dari Sang Pencipta

  1. Batu Nilam

Batu Nilam disebut juga batu Safir. Tak heran jika batu yang satu ini sangatlah terkenal di dunia terutama Blue Shapire dimana struktur mineral dan seratnya mempunyai keunikan tersendiri dengan pancaran cahaya mengagumkan sehingga nampak mempesona. Batu Nilam memiliki beberapa warna yaitu hitam, kuning, putih dan biru. Sementara untuk pembawaan batu ini diyakini berhubungan dengan kedamaian hati, membawa kebahagian serta meningkatkan kualitas hidup anda.

  1. Batu Turquise

Foto Jenis-Jenis Batu Akik Batu TurquiseDikenal oleh masyarakat umum sebagai batu Pirus dengan ciri – ciri terdapat campuran tembaga,besi dan aluminium di dalamnya sehingga punya peranan penting pada pembentukan warna. Pada dasarnya warnanya biru dan hijau lalu terdapa jaluran urat yang begitu menarik untuk dilihat. Biasanya batu Turquise dipakai oleh orang – orang lebih tua di usia 40 tahun ke atas tapi Anda pun yang masih muda tetap cocok menggunakanya. Diantara mitos kepercayaan yang beredar di masyarakat tentang batu ini adalah si batu pembawaannya ketenangan jiwa, kekuatan khusus kerohanian dan membantu proses penyembuhan penyakit.

  1. Batu Merah Delima

Jenis Batu Akik selanjutnya adalah batu merah delima atau dikenal dengan nama Ruby. Batu ini nampak sekilas melukiskna perasaan maupun kemegahan karena warna merah jambunya. Sebagai raju batu delima namnya kian populer hingga dikenal dengna “King of Germstone”.

  1. Batu Kecubung

Batu ini biasa disebut Amethyst dimana warnanya nampak ungu. Asal mula dinamakan batu kecubung adalah berawal dari perkataan “Greek” yang artinya penawar. Jadi jaman dahulu kala batu ini seringkali digunakan sebagai penawar mabuk alias tidak akan mabuk walau minum arak dalam jumlah banyak. Mulai dari situlah batu kecubung makin dikenal masyarakat luas bahkan kualitas terbaik berasal dari negara tetangga seperti Uruguay, India, Rusia, Brazil dan Siberia.

  1. Batu Zamrud

Zamrud atau Emrald merupakan jenis batu bewarna hijau muda. Dari dahulu sampai sekarang pun peminatnya sangat banyak apalagi penampaknya amat cantik dan menakjubkan. Meski harganya lebih tinggi dari jenis lain, para pecinta batu akik tak segan – segan untuk membelinya dengan mendatangi langsung ke tempat asalnya. Menurut cerita bahwa batu Zamrud dahulunya biasa dipakai oleh golongan bangsawan, raja sampai ke keluarga raja sebagai simbol keagungan.

  1. Batu Serai

Menurut asal mula, batu Serai didapat dari tanaman serai hutan yang berbunga. Padahal pada dasarnya pohon serai sangat sukar mengeluarkan serat maupun bunga. Jadi hanya beberapa orang beruntung saja bisa menemukan batu tersebut. Adapun berbagai jenis warnanya yaitu merah, biru, hijau, kuning, ungu dan jernih. Salah satu keistimewaan batu Serai yakni bisa untuk pelaris jualan atau kecantikan.

Dengan mengetahui satu demi satu jenis batu tersebut diatas, diharap Anda dapat dengan mudah mengenal dan menebak secara yakin ketika berada di tempat pameran batu akik atau di stand2 penjualan batu tersebut. Sehingga cara-cara penipuan yang dilancarkan oleh orang tak bertanggup jawab dapat Anda minimalisir.

jadi, bagaimana?, apakah anda tertarik terhadap salah satu Jenis-jenis Batu Akik diatas? Anda pun bisa dengan mudah mendapatkanya melalui penyedia batu akik profesional atau ahli di bidangnya. Tapi alangkah baiknya untuk langsung datang ke tempat asal muasal demi mendapatkan kualitas yang asli dan terbaik. Demikianlah pembahasan menarik seputar batu akik, semoga bisa memberikan anda pengetahuan lebih luas, terima kasih.

Galeri Sebagian Jenis Batu Akik, Klik Gambar untuk Memperjelas




 

Berbagi itu Indah, Kawan!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *